Lima Tanda Orang Bebas Finansial

Diterbitkan pada Kamis, 10 June 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semua orang tentu mengharapkan bebas finansial. Kebebasan finansial sendiri bisa diartikan sebagai kondisi keuangan seseorang yang sudah cukup untuk membiayai kebutuhan utama dan gaya hidupnya. Kebebasan finansial ini biasanya ditandai dengan beberapa hal.

Pertama, tanda seseorang sudah merdeka secara finansial adalah memiliki pemasukan pasif (passive income). Pemasukan pasif ini bisa diperoleh dari beberapa lini bisnis investasi, seperti deposito, reksadana atau saham. Ketika imbal hasil (return) investasi tersebut sudah bisa berkontribusi sebagai penghasilan tambahan, hal tersebut membuat Anda selangkah lebih maju menuju bebas finansial.

Kedua, selalu siap dengan dana darurat. Memiliki kemampuan untuk selalu siaga dalam berbagai kondisi darurat adalah tanda bahwa seseorang sudah bebas secara finansial. Hal tak terduga bisa saja terjadi, mulai dari sakit, musibah kecelakaan, renovasi rumah, hingga hal lain seperti kemalingan. Apabila saldo kas dan dana darurat cukup, pastinya seseorang merasa hidup lebih tenang.

Ketiga, terbebas dari utang yang tak sehat. Saat Anda sudah tidak bergantung lagi pada kredit atau cicilan untuk menyambung hidup atau membeli berbagai hal yang tidak prioritas, artinya Anda sudah merdeka dari ketergantungan kepada pihak lain.

Keempat, mampu menahan perilaku konsumtif. Pasalnya, perilaku konsumtif jelas tidak akan memuluskan tujuan Anda untuk merdeka secara finansial. Jika perilaku tersebut tidak ditekan, yang terjadi adalah Anda akan semakin sulit mencapai kemerdekaan finansial karena terbelit masalah keuangan.

Kelima, mampu menyisihkan penghasilan untuk tabungan dan investasi. Artinya, Anda telah menjamin kemandirian dan kelangsungan hidup di masa depan.


Kembali